Sabtu, 01 Oktober 2016

TIPS SUKSES

KIAT SUKSES MENCARI KERJA


1. Buatlah CV baru
2. Tetap semangat
3. Cari dukungan
4. Bersosialisasi
5. Lingkungan rumah yang kondusif
6. Berpikir positif
7. Perhatikan kesan pertama



__________________________________________

KIAT MENDAPATKAN PEKERJAAN

Melamar pekerjaan bisa disebut sebagai suatu hal yang gampang-gampang susah. Ada pelamar yang hanya mengirimkan satu surat lamaran, kemudian dipanggil wawancara dan langsung diterima bekerja. Sebaliknya ada pelamar yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran dan sudah dipanggil untuk wawancara berkali-kali namun tidak kunjung diterima bekerja.

Dalam banyak kasus, kemampuan akademik yang tinggi juga seringkali bukan jaminan untuk bisa diterima bekerja. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok terakhir yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran tetapi tidak kunjung diterima bekerja seringkali menjadi frustrasi dan akhirnya putus asa sehingga kehilangan semangat untuk mencari pekerjaan. Akibatnya mereka cenderung menjadi penganggur dan memiliki konsep diri yang negatif.

Demi menjaga agar jangan sampai sang pelamar menjadi frustrasi maka ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipelajari secara seksama oleh para pencari kerja. Sama halnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan lain dalam hidup ini, maka mencari pekerjaan pun memerlukan suatu pemahaman, ketrampilan dan keahlian tersendiri. Hanya orang-orang yang menyadari hal inilah yang akan mampu memenangkan kompetisi (di Indonesia bisa disebut Hyper-kompetisi) dalam mendapatkan pekerjaan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para pencari kerja diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Pemahaman terhadap Proses Pencarian Pekerja
2. Kenali Diri Anda Sendiri
3. Tentukan Tujuan Karir Anda
4. Buatlah CV

Buatlah CV anda dengan menyiapkan dokumen-dokumen pelengkap seperti:

Surat Lamaran
Resume
Surat Rekomendasi, piagam penghargaan, dll
Transkrip Nilai, Ijazah, Sertifikat, dll
Kartu Nama (jika ada)

5. Perluas Jaringan
6. Kenali Tempat / Perusahaan yang Dilamar
7. Melamar
8. Wawancara Kerja
9. Menerima atau Menolak Tawaran Pekerjaan
10. Evaluasi Proses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar